Privacy Policy (kebijakan Privasi)

Apa itu Privacy Policy ? dan mengapa banyak media online yang menuliskan privacy Policy pada website maupun blognya. Tentunya anda akan bertanya apa sebenarnya privacy policy tersebut.

Sebelumnya ada baiknya kita coba lihat beberapa element static yang terdapat baik itu di blog maupun di website, beberapa element tersebut antara lain, About Us, Contact, Privacy Policy, Disclaimer, dan mungkin anda beberapa yang tidak saya sebutkan karena 4 item tersebut yang paling banyak terdapat pada blog/website yang saya sering jumpai.

About Us dan Contact tentunya ini merupakan halaman yang sudah tidak asing lagi bagi sobat bloger semua baik itu pemula sekalipun, dan untuk Disclaimer saya sudah membahasnya disini. Selanjutnya saya akan membahas Privacy Policy pada sebuah media online.

Privacy Policy dalam bahasa Indonesia nya di kenal dengan Kebijakan Privasi. Privacy Policy adalah dokumen atau halaman yang menjelaskan kepada pengunjung sebuah website, tentang bagaimana cara anda mengelola informasi yang anda dapat dari mereka. Termasuk didalamnya bagaimana Anda mengumpulkan informasi tersebut dan bagaimana informasi akan disimpan dan dikelola.
Dalam penerapannya secara umum privacy Policy mengandung beberapa unsur, tentang bagaimana proses pengelolaan dan pembagian informasi. Proses pengelolaan dan pengembangan informasi ini sendiri akan menjadi semakin lebar sesuai dengan jenis website yang dikelola.

Untuk website yang memiliki banyak user atau pun website yang kontennya merupakan kiriman dari banyak user tentunya privacy policy akan membuat kebijakan yang berbeda dari website/blog yang di kelola secara personal. Website seperti ini biasanya akan mencantumkan kebijakan privasi tentang sistem keamanan informasi dari user tersebut, kebijakan tentang pembagian informasi kepada pihak ketiga, dan banyak lagi tentunya.

Sebagai contoh sobat blogger bisa melihat bagaimana kebijakan privasi yang di terapkan oleh wikipedia disini

Dari tulisan di atas semoga bisa membantu sobat blogger untuk memahami apa itu Pripacy Policy dan bagaimana menerapkannya dalam blog sobat, walau pun biasanya para blogger banyak membuat privacy policy dengan tool generate ada baiknya sobat juga tahu apa itu isi dari privacy policy yang sobat blogger generate tersebut.

Comments

Popular Posts